Skateboard, sebagai olahraga ekstrem yang umumnya digandrungi anak muda, punya berbagai pemain legenda di dunia. Siapa aja sih mereka, dan bagaimana kisahnya? Langsung aja, simak ulasan di bawah ini.

1. Mark Gonzales

Buat Kamu penggemar skateboarding, pastinya udah nggak asing lagi dengan sosok satu ini. Terkenal dengan nama Gonz, disebut-sebut sebagai pencetus modern skate. Lahir di California pada 1 Juni 1968, Gonz memulai olahraga skateboarding pada usia 13 tahun. Dua tahun kemudian, ia mengadopsi street style skateboard yang diklaim sebagain aliran skateboarding moderen kala itu. Sempat bergabung di sebuah tim skateboard bernama Vision, Gonz memenangi kompetisi street style skateboard pertamanya. Setelah menjadi karir sebagai pemain skateboard profesional, Gonz menciptakan sebuah teknik baru dalam skateboarding yang dinamakan hippy jump.

2. Stacy Peralta

Peralta terkenal sebagai salah satu pemain skateboard yang memberi pengaruh pada perkembangan dunia skateboarding. Berawal dari pemain surfing, Peralta memutuskan untuk pindah haluan ke skateboarding. Siapa yang menyangka, pada umur 19 tahun, ia sudah menjadi pemain skateboard profesional hebat di kalangan usianya. Selain itu, ia juga pernah bergabung dengan George Powell untuk membentuk tim skateboard bernama Bone Brigades yang menaungu para pemain skateboard hebat saat itu. Hengkang dari dunia skateboarding, kini  Peralta aktif merintis karir sebagai sutradara dan penulis skenario.

3. Tony Hawk

Siapa yang nggak kenal sama Tony Hawk? Mulai menjadi pemain skateboard profesional sejak usia 14 tahun, ia telah menjadi juara dunia sebanyak 12 kali berturut-turut. Siapa yang menyangka, kalau ternyata ketertarikan Hawk pada skateboarding bermula dari kepribadian Hawk yang hiperaktif sejak usia anak-anak. Beruntungnya, Hawk memilih skateboarding sebagai ladang “pelampiasan” untuk menyalurkan energinya yang berlebih, karena sejak itulah orang tua Hawk setuju agar Hawk menekuni dunia skateboarding. Sayangnya, pada tahun 1999, Hawk memutuskan untuk hengkang dari semua perlombaan skateboarding. Akan tetapi, ia tetap menjalankan berbagai pertunjukan skateboarding.

4. Ryan Sheckler

Lahir di Clemente pada 30 Desember 1989, Sheckler telah mencetak prestasi di X-Games di usianya yang ke 13. Saat itu, ia memenangkan kompetisi X-Games 2003 dalam kategori park. Ketertarikan Sheckler pada skateboarding rupanya bermula dari ayahnya yang juga penggemar skateboarding. Hingga saat ini, Sheckler tetap getol mencetak prestasi sebagai pemain skateboard di berbagai perlombaan. Di luar perlombaan, Sheckler adalah sosok family-man yang penyayang.

5. Natas Kaupas

Kaupas digadang-gadang sebagai sosok yang pertama kali menyandang gelar pemain street skateboard professional. Yang istimewa dari Kaupas, ia dikenal oleh dunia berkat keahliannya melakukan riding walls trik skateboarding yang dilakukan di dinding. Ternyata, ia juga sering berkolaborasi dengan Mark Gonzales membuat trik-trik baru dalam skateboarding juga lho!

6. Christian Hosoi

 

Hosoi mulai meluncur di papan skate pada usia 7 tahun. Sempat disponsori oleh Powell-Peralta saat menjadi pemain skateboard amatir. Pada usia 14 tahun, ia telah menjadi seorang profesional dan disponsori oleh Sims skateboards. Yang menarik, ternyata Hosoi adalah penemu trik christ air dan rocket air.

7. Bob Burnquist

Doi terkenal dengan pencapaiannya sebagai pemain skateboard pertama yang bisa mendarat dengan trik fakie 900 secara presisi. Selain itu, Burnquist juga dikenal mahir dalam menguasai aliran skateboard switch stance yang kabarnya, tidak sembarang pemain skateboard bisa melakukannya. Pencapaian kejuaraannya? Jangan diragukan! Burnquist berhasil meraih 24 medali emas, 7 medali silver, dan 8 medali perunggu di X-Games musim panas selama 16 tahun berturut-turut.

8. Steve Caballero


Caballero, pemegang rekor the highest air on stance: 11 feet pernah dianugerahi sebagai Skater of The Century pada tahun 1999 oleh majalah Thrasher. Memenangkan dua kategori dalam Germany World Championship 1987; street and vertical skateboarding, nggak membuat Caballero puas dengan prestasinya. Trik skateboarding yang dinamai Caballerial adalah trik inovasi miliknya.

9. Rodney Mullen

Kalau kamu kenal Mark Gonzales dan Tony Hawk, nama Mullen berada di urutan ketiga setelah mereka dalam gelar The Most Influential Skateboarders of All Times versi Transworld. Nggak cukup sampai di situ, Mullen juga menjadi salah satu penulis dalam sebuah buku berjudul The Mutt: How to Skateboard and Not Kill Yourself. Ya, setuju sih sama Mullen, soalnya olahraga skateboarding emang resiko cederanya gede banget!

10. Danny Way

Thrasher pernah memberi penghargaan untuk Way sebagai Skater of The Year sebanyak dua kali. Pernah melakukan aksi ekstrem di The Great Wall of China dengan melintasi beberapa area di sana dengan trik Ollie. Sebagai pemain skateboard, Way sudah berteman akrab sama yang namanya cedera. Kabarnya, Way sudah pernah melakukan operasi sebanyak 13 kali untuk memulihkan cederanya, itu juga termasuk cedera patah leher. Ngeri sih, tapi kalo namanya passion, gak ada kapoknya!

Jadi itulah 10 pemain skateboard legendaris di dunia. Gila sih, prestasinya! Mau cedera berkali-kali pun ga tobat buat mencetak prestasi di dunia skateboard. Namanya passion, kalo udah asik ya hajar aja!