Pecinta olahraga balap roda dua pastinya tidak akan melewatkan gelaran MotoGP 2018 yang telah berlangsung sejak 6 Mei lalu, menyisakan banyak cerita yang tidak terlupakan sepanjang sejarah MotoGP, salah satunya tabrakan yang terjadi antara Dani Pedrosa (Repsol Honda), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Jorge Lorenzo (Ducati).

Melihat pada kecelakaan yang terjadi pada peserta MotoGP 2018 ini, penggermar ajang balapan bergengsi ini pasti menyadari bahwa keamanan adalah salah satu faktor yang krusial bagi para pembalap untuk bertahan hingga garis finis. Seperti yang kita tahu, helm adalah salah satu perangkat yang wajib dikenakan para pembalap. Tentunya, para pembalap harus menggunakan helm yang tahan banting dengan kualitas terbaik. Lalu seperti apa helm terbaik pilihan para pembalap MotoGP 2018? Check this out!

1. KYT

KYT tercatat telah mendukung Aleix Espargaro di kelas MotoGP dan 3 pembalap di kelas berbeda, yaitu Xavier Simon dan Simone Corsi di kelas Moto 2 dan Andrea Locatelli di kelas Moto 3. KYT adalah helm yang diproduksi di Indonesia, tepatnya di Kawasan Industri Lippo Cikarang. Menurut Espagaro setelah melakukan uji produk KYT, produk ini sangat nyaman digunakan untuk mendukungnya di ajang balapan karena memiliki spesifikasi yang ia butuhkan dan daya tahan banting yang baik.  

2. NHK

Helm NHK menjadi pilihan Karel Abraham dalam ajang balap MotoGP tahun ini. Selain Karel Abraham, NHK juga mendukung Jules Danilo di kelas Moto 3 yang tergabung di klub Marinelli Rivacold Snippers. NHK melakukan riset selama 3 tahun untuk memproduksi helm yang memiliki kualifikasi untuk digunakan di ajang balap MotoGP. NHK merupakan helm asal Indonesia yang mengantongi sertifikasi SNELL M2015 dan ECE 22.05.

3. Shoei

Produk pabrikan negeri sakura ini tercatat mendukung juara Moto GP 2018, Marc Marquez. Dalam kerjasamanya dengan Marquez, Shoei memproduksi 6-15 buah helm untuk digunakan berlaga selama satu musim. Tak hanya itu, Marquez pun sering ikut turun tangan untuk mendesain helm yang akan ia gunakan. Shoei telah diproduksi sejak tahun 1958 dan konsisten untuk menghasilkan produk yang memiliki daya tahan banting untuk berlaga di balap motor tingkat dunia.

4. Arai

Dalam MotoGP 2018, Dani Pedrosa didukung oleh Arai. Arai adalah produsen helm yang didrikan di Jepang pada tahun 1962 oleh Hirotoke Arai. Helm yang dikenakan Pedrosa, kabarnya dibuat dengan material carbon fiber yang ringan, namun tahan banting.

5. AGV

Kehadiran Valentino Rossi dalam ajang MotoGP 2018 tidak lepas dari dukungan AGV sebagai sponsor helmnya. AGV yang merupakan singkatan dari Amisano Gino Valenza, yang adalah nama pendirinya, adalah helm pabrikan Italia yang sering menggandeng Valentino Rossi untuk mendesain helm eksklusif dengan jumlah terbatas. Fantastisnya, helm yang didesain oleh Rossi selalu menjadi menyita perhatian penggemar extreme sport dan otomotif untuk meminang produk ini.