Tidak bisa dipungkiri lagi kalau olahraga sudah menjadi gaya hidup urban jaman sekarang. Menariknya, kegiatan olahraga punya banyak banget pilihan dan bisa dilakukan sendiri, maupun sama temen-temen.

Nah, buat Kamu yang tertarik untuk berolahraga, ada baiknya ikut olahraga bareng komunitas, karena biasanya anggota komunitas ini bakal jadi temen-temen yang suportif banget untuk mendukung kegiatan olahraga!

Berikut ini, Kratingdaeng mengumpulkan 5 pilihan komunitas olahraga di Indonesia yang bisa diajak untuk olahraga bareng.

1. Indorunners

Indorunners adalah komunitas lari yang bertujuan untuk menyebarkan kegemaran berlari. Didirikan pada tahun 2009, Indorunners awalnya bermula di Jakarta. Indorunners punya jadwal latihan lari dua minggu sekali, yaitu, Tuesday Night Run (TNR) yang beragendakan lari di malam hari setiap Selasa dan Sunday Morning Run (SMR) yang beragendakan long run di hari Minggu pagi.

Saat ini komunitas Indorunners telah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Yang menyenangkan adalah, anggota indorunners bakal seneng banget untuk nemenin kamu latihan lari untuk sekedar berolahraga maupun race training.

2. Triathlon Buddies

Triathlon adalah rangkaian olahraga yang menggabungkan 3 cabang olahraga yang harus dilakukan secara berurutan dan terdiri dari renang, bersepeda, dan lari. Nah, kalo Kamu punya minat untuk coba triathlon tapi merasa kurang di salah satu cabang olahraga, Triathlon Buddies bakal jadi komunitas yang cocok kamu datengin untuk latihan bareng.

Anggota triathlon buddies yang disebut tribuddies, bertekad untuk mengenalkan olahraga triathlon di Indonesia. Mayoritas tribuddies tercatat pernah mengikuti perlombaan triathlon di skala nasional dan internasional. Dalam memfasilitasi tribuddies menjelang perlombaan, Triathlon Buddies rutin mengadakan simulasi triathlon sebagai tolak ukur hasil latihan para calon peserta.

3. Seapmasters Swimming

Kali ini adalah komunitas yang akan senang hati bantuin peminat olahraga renang untuk latihan.

Komunitas ini punya slogan “renang untuk semua, semua bisa berenang”. Oh iya, anggota seapmasters swimming juga mau banget ajarin siapa aja yang belum bisa berenang, jadi Kamu ga perlu mengeluarkan budget tinggi untuk kursus renang, deh! Mantap, kan?!

4. Indosweat Camp


Menariknya, Indonesia juga punya komunitas freeletics, lho! Indosweat Camp adalah komunitas olahraga freeletics. Freeletics terkenal sebagai olahraga yang hanya membutuhkan matras olahraga sebagai medianya.

Dibentuk pada tahun 2014, komunitas ini telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Gerakan yang familiar di olaraga ini antara lain; burpees, push up, sit up, dan plank. Kamu yang anti ribet, freeletics bakal jadi salah satu pilihan buat olahraga Kamu.

5. Parkour Jakarta

Sesuai nama komunitasnya, Parkour Jakarta adalah komunitas pegiat olahraga parkour yang berbasis di Jakarta. Parkour sendiri adalah seni berpindah tempat yang bermula di Perancis. Di dalam olahraga ini, banyak trik-trik berpindah tempat yang kalo dilihat, indah banget bentuknya!

Komunitas ini bermula dari sebuah forum www.parkour.net yang punya banyak massa dan bisa diajak latihan rutin bareng. Kemudian, komunitas ini berdiri secara sah sejak tanggal 29 Agustus 2007.

Karena ini adalah seni berpindah tempat, maka pegiatnya perlu mengedepankan kelincahan untuk melakukan olahraga ini. Tertarik? Langsung aja deh gabung sama Parkour Jakarta!

Seru-seru kan komunitas olahraga pilihan Kratingdaeng? Jadi, mau pilih yang mana, nih?

 

 

Photo Credit: 20fit, jawapos, tribunnews, topskor, indosweat camp, parkour jakarta,