Bicara tentang suspensi, kali ini Kratingdaeng akan bahas tentang suspensi yang dipakai mobil. Pada nggak asing, kan sama yang namanya coilover? Nama coilover berasal dari istilah coil spring over shock, yang berarti pegas yang melingkar di shockbreaker. Coilover mempunyai fungsi sebagai pengatur empuk-kerasnya shockbreaker, bahkan beberapa coilover punya fitur untuk mengatur camber kit. Semakin lengkap fitur coilover, semakin mahal harganya. Sekarang, mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki coilover.

 

Coilover dirancang dapat melakukan pengaturan camber kit untuk beberapa tipe. Pengaturan suspensi coilover juga kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Artinya, coilover tersedia dalam beberapa jenis untuk mobil tipe street performance, race, comfort, dirt, ultra-low, dan lain lain. Selain itu, apabila coilover mengalami kerusakan, perangkatnya bisa direparasi. Di sisi lain, pusat reparasi coilover masih terhitung jarang ditemukan. Kalaupun bisa, ada beberapa kasus yang menyebabkan para penggunanya harus mengganti seluruh perangkat coilover. Untuk pengaturan suspensi coilover pun, ternyata cukup memakan waktu dan harga satu unit coilover melesat jauh di atas suspensi pegas.

Kalau Kamu tetap keukeuh untuk membeli coilover dibanding pegas, kali ini Kratingdaeng bakal kasih Kamu 5 pilihan coilover buat Kamu, deh!

  1. Bilstein PS 99 Coilovers

 

 

Bilstein, sebagai salah satu sparepart brand yang mendunia, merilis coilovers yang bersifat adjustable hingga 9 pengaturan. Artinya, Kamu bisa menyesuaikan pengaturan coilover sesuai tipe mobil Kamu, nih. Bilstein PS 99 Coilovers punya harga pasaran sebesar 25 jutaan rupiah.

2. Skunk 2 Pro-C Coilover Kit

 

Skunk telah menjadi brand kepercayan bagi Honda Civic, Integra, dan Accords. Jadi, kalau Kamu pemilik mobil tersebut, nggak ada salahnya mempertimbangkan untuk membeli coilover ini.Skunk 2 Pro-C Coilover Kit bisa Kamu bawa pulang dengan harga 15 jutaan rupiah.

3. Koni Height-Adjustable Coilovers

 

 

Koni cukup melanglang buana di dunia balap mobil. Koni Height-Adjustable Coilovers pun bisa dijadikan pilihan kalau Kamu menyukai suspensi yang lembut. Koni Height-Adjustable Coilovers beredar di pasaran dengan kisaran harga 17 jutaan rupiah.

4.HKS Hipermax Max4GT Coilovers

 

HKS yang menjadi pemain utama penyedia sparepart di Jepang, merilis produk coilovernya yang juga termasuk dalam 30 produk deretan terbaik rilisan HKS.HKS Hipermax Max4GT Coilovers dilepas dalam kisaran harga 20 jutaan rupiah.

  1. KW Variant 3 Coilovers

https://hips.hearstapps.com/bpc.h-cdn.co/assets/15/51/kw-variant3-coilovers-mercedes.jpg?crop=1xw:1.0xh;center,top&resize=768:*

 

Diklaim sebagai coilover terbaik, KW Variant 3 Coilovers mempunyai fitur untuk mengatur ketinggian dan suspensi mobil. KW Variant 3 Coilovers berada pada kisaran harga 32 juta rupiah.

 

Gimana? Mau menabung untuk beli yang mana, nih?