Indonesia memiliki beragam budaya di setiap daerah serta memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari tarian sampai dengan tradisi yang ekstrim di ajang pesta rakyat.

Salah satu khas daerah di Indonesia yang tergolong ekstrim adalah Karapan Sapi khas Madura. Karapan Sapi juga merupakan pesta rakyat daerah Madura.

Karapan Sapi diadakan setiap tahun, biasanya dilombakan pada akhir bukan Agustus sampai bulan September atau Oktober usai melakukan panen raya.

Nah buat warga yang ingin ikutan lomba Karapan Sapi harus membayar dengan biaya yang tidak murah. Karena untuk ikut Karapan Sapi harus memiliki sapi yang kuat dan sehat, tentunya untuk  bisa memiliki sapi yang kuat dan sehat harus mengeluarkan biaya minimal di kisaran Rp 4 juta perbulannya. 

Selain didukung dengan Sapi yang kuat dan sehat, tentunya peran joki atau penunggang sapi juga diperlukan.

Sang joki harus cekatan dan pintar mengendalikan laju sapi supaya bisa berlari kencang dengan jarak tempuh mencapai 100 meter.

Selain harus pintar dan kuat, sang joki harus memiliki keberanian yang tinggi. Karena saat lomba, sapi akan berlari sekencang mungkin, oleh sebab itu peran joki sangat diperlukan saat lomba Karapan Sapi untuk bisa mengarahkan sapi sesuai dengan jalurnya.