Skateboard dikenal sebagai permainan papan seluncur yang mengandalkan kaki dan gerak tubuh yang responsif. Skateboard biasa dimainkan di skate bowl ataupun di jalanan. Trik skateboard pun umumnya terdiri dari berbagai jenis lompatan. Itu adalah gambaran skateboard secara umum. Tapi kali ini, Kratingdaeng mau mengulas skateboard yang nggak biasa, yaitu, permainan skateboard dengan jari. Penasaran? Check this out!

Permainan skateboard yang menggunakan jari, tepatnya jari tangan, dikenal dengan fingerboard. Trik yang dilakukan dalam fingerboard sama dengan trik yang digunakan dalam skateboard. Permainannya pun masih menggunakan papan, namun yang kali ini dengan ukuran yang mini, yaitu 10 x 33 mm.

Di Indonesia, permainan fingerboard pernah populer di tahun 2010.

Menariknya, Indonesia juga turut andil dalam produksi papan fingerboard. Kualitas papan dari Indonesia ini tentunya tidak kalah dari papan produksi luar negeri yang juga terbuat dari kayu canadian mapple. Brand produsen papan fingerboard, salah satunya; Rusewood menjadi unggulan para penggemar fingerboard.

Bahkan, Indonesia juga punya komunitas fingerboard yang bernama IFA (Indonesian Fingerboarding Association). IFA terbentuk melalui komunitas yang bermula dari facebook. Saat ini, IFA memiliki sekitar 7500an member di facebook. IFA kerap menggelar jam session, alias main bareng semenjak awal terbentuknya komunitas ini.

Dalam promosi komunitas dan fingerboard, IFA membuat majalah khusus yang membahas fingerboard yang didistribusikan hingga ke Pulau Bali. Hasilnya, fingerboard terus meraih ketenaran dan menjadi salah satu olahraga yang punya komunitas besar di Indonesia.

Di Jakarta, IFA punya tempat main tetap yang berlokasi di Toysmarket Blok M Plaza lantai 4. Di sana, fingerboard enthusiast bisa cari teman main fingerboard atau yang mau lebih tahu lebih jauh tentang fingerboard, wajib banget gabung bareng mereka! Mereka bakal seneng banget kalo berbagi ilmu tentang fingerboard!

Buat yang tertarik ingin gabung tapi berdomisili jauh dari tempat main mereka, bisa ikut diskusi di forum IFA di facebook aja! Jangan lupa ajak temen-temen ya, biar fingerboard makin populer lagi!

 

Photo & video credit: IFA, kincir, @rusewood, @seblinda