Buat para penggemar pop culture Jepang, pasti familar dengan Gundam, salah satu karakter mecha yang populer banget di kalangan para fans. Nggak cuma anime dan manga-nya aja yang populer, tapi semua hal yang berhubungan dengan Gundam jadi incaran. Bahkan film animasinya yang dirilis pertama kali di tahun 1979 masih terus berlanjut sampai sekarang. Kepopuleran Gundam membuat fans membentuk komunitas tersendiri untuk berbagi info dan koleksinya.

Salah satunya adalah Gundam Bandung Advance (GBA) yang beranggotakan fans berat model kit Gundam. Komunitas ini didirikan Oktober 2013 yang lalu dan saat ini sudah memiliki lebih dari 2.100 anggota aktif. Sejak komunitas ini terbentuk, para anggotanya sering mengadakan gathering untuk ngobrolin gunpla-gunpla terbaru. Selain ngobrolin Gundam, anggota komunitas ini juga sering membuat pameran untuk menampilkan koleksi-koleksi robot Gundam yang mereka miliki.

Buat anggota komunitas GBA, Gundam nggak sebatas dikoleksi saja, tapi lebih kepada rasa puas yang dirasakan setelah memiliki robot ini. Beberapa anggota bahkan sengaja merombak Gundam miliknya sehingga menyerupai bentuk aslinya. Kalau biasanya Gundam identik dengan mainan anak-anak, GBA berharap persepsi orang berubah dengan hadirnya mereka di beberapa pameran pop culture.

Salah satu hal yang menjadikan GBA unik adalah keikutsertaannya dalam kompetisi Gundam Builders World Cup (GBWC) yang panitianya didatangkan langsung dari Jepang. Kompetisi berskala internasional ini memberi kesempatan tiap negara untuk memamerkan robot-robot terbaik mereka. Setiap peserta diberi kesempatan untuk mendandani robot Gundam mereka menjadi semirip mungkin dengan yang asli sehingga tidak terlihat seperti mainan.

Gundam Bandung Advance membuka diri bagi anggota yang ingin bergabung. Selama punya ketertarikan dengan gunpla, siapa saja bisa bergabung dalam Gundam Bandung Advance. Nggak harus tinggal di Bandung kok untuk bisa bergabung, karena komunitas ini membuka diri untuk anggota di luar Bandung.

Tertarik untuk bergabung dengan GBA? Langsung aja kunjungi akun instagram mereka di @gundambandungadvance untuk info lengkapnya.

Asyiknya Merakit Gunpla di Komunitas Gundam Bandung Advance