Pembalap MotoGP Repsol Honda, Marc Marquez, pada gelaran balap MotoGP Amerika di Circuit of The Americas (COTA), Minggu (22 April) tampil mendominasi balapan. Bahkan sekaligus mengukuhkan sebagai rajanya COTA dengan total enam kali menang dalam kurun waktu enam tahun.

Agar bisa memenangkan balapan pekan ini di COTA, Marquez mengakui mengerahkan segalanya untuk bisa menang. Bahkan lebih fokus agar sempurna di sirkuit sepanjang 5.515 meter tersebut.

“Sepertinya saya tak pernah alami balapan seperti itu, ngotot sejak awal balapan. Kali ini saya merasa yakin dan selain itu setelan motor sangat membantu. Terima kasih untuk semua yang ada di garasi telah bekerja keras,” ujar Marquez.

Dirinya mengungkapkan bahwa jelang tidur untuk hadapi balapan sudah memikirkan strategi khusus dan akan diaplikasi saat balapan. “Saat sesi pemanasan pagi hari, saya mencoba melakukan simulasi pada lap awal balapan, menggunakan ban baru dan tangki penuh.”

Pembalap Spanyol berusia 25 tahun ini menambahkan telah berkomunikasi dengan tim bahwa ingin langsung memimpin balapan dan mengatur jarak. “Jadi saat tiga sampai empat balapan saya mencoba lebih kencang dari biasa dan kemudian menjaga jarak.”

Marquez berhasil finis posisi terdepan dengan catatan waktu 41:52,002 detik. Dirinya sangat bahagia dengan hasil dan bisa memperbaiki posisinya di klasemen sementara pembalap Juara Dunia MotoGP 2018.

Usai balpaan di COTA, saat ini klasemen pembalap masih dipegang Andrea Dovizioso dari tim Ducati dengan 46 poin. Sedangkan Marquez berada di posisi dua dengan terpaut hanya 1 poin. Adapun Maverick Vinales (Movistar Yamaha) berada di posisi tiga dengan total 41 poin.