Perhelatan Asian Games 2018 yang telah digelar dari 18 Agustus hingga 2 September kemarin di Gelora Bung Karno, terdengar sangat ramai dan diagungkan oleh masyarakat di Indonesia karena telah menjadi pesta olahraga terbesar tahun ini.

Acara yang bertajuk Energy of Asia ini diikuti oleh 45 negara di Asia. Terhitung semenjak perayaan opening ceremony-nya, para penyelenggara Asian Games 2018 sudah menuai banyak sorotan media berkat konsep dan eksekusi acaranya yang luar biasa. Apalagi, pertandingan yang diselenggarakan juga diikuti para kontingen dengan sportifitas tinggi. Nah, dengan penyelenggaraan upacara pembukaan dan agenda lomba yang tertata, mari kita lihat, apakah upacara penutupan Asian Games juga sama luar biasanya, berikut ini beberapa sorotan dari upacara penutupan Asian Games 2018.

Tak tampak berlaga di lapangan, Presiden Joko Widodo menyaksikan upacara penutupan Asian Games 2018 bersama para pengungsi gempa di Lombok.

Saat upacara pembukaan lalu, Presiden Joko Widodo terlihat beraksi menggunakan “moge”nya saat menembus kemacetan menuju tempat pembukaan Asian Games 2018. Kali ini, Presiden Joko Widodo berbagi simpatinya untuk menonton kemegahan Indonesia dalam penutupan Asian Games 2018.

 

Munculnya maskot Asian Games 2018 yang ‘lahir’ sebelum Binbin, Kaka, dan Atung.

Sebelum Binbin, Kaka, dan Atung dipatenkan menjadi maskot Asian Games 2018, ternyata dulu sempat ada maskot yang sudah ‘lahir’ mendahului mereka untuk dinobatkan sebagai maskot Asian Games 2018 yang bernama Drawa. Drawa digambarkan sebagai burung cendrawasih yang berpakaian pencak silat. Dinilai digambar seadanya, Drawa gagal ditampilkan sebagai maskot Asian games 2018.

 

Dikibarkannya bendera Cina sempat diumumkan oleh para netizen.

Ada satu momen menarik di mana bendera negara Cina dikibarkan pada saat penutupan Asian Games 2018. Hal ini terjadi secara wajar karena setelah Indonesia, Cina akan menjadi tuan rumah Asian Games berikutnya pada tahun 2022. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar tidak menyangkut pautkan hal ini dengan keadaaan politik negeri ini.

 

Seru juga, ya, hal-hal yang jadi sorotan di Asian Games tahun ini! Menurutmu, momen apa ya paling diingat di Asian Games 2018 kemarin? Yuk, share di kolom komentar.