Merek Ferrari merupakan salah satu merek “Top of Mind” di seluruh dunia. Reputasinya selama 70 tahun telah membuat begitu banyak orang jatuh cinta terhadap merek berlogo Kuda Jingkrak ini, meskipun mereka bukanlah pemilik salah satu mobil sport paling terkenal di dunia itu. Sport car berdesain eksotis, performa tinggi  dan prestasi mengagumkan di arena Formula 1 menjadi beberapa alasan para fans mencintai Ferrari.
 


Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan kecintaan terhadap merek Italia ini antara lain adalah mengumpulkan segala pernak-pernik yang berlogo The Prancing Horse ini, termasuk model-model diecast replikanya. Berlandaskan kecintaan terhadap Ferrari tersebutlah, pada bulan Februari 2012, Dravy Pritama dan Aryanto D. Nugroho sebagai sesame kolektor diecast Ferrari, membentuk Ferrari Diecast Owner’s Club Indonesia (FDOCI).

“Setelah mengoleksi diecast Ferrari, saya merasa perlu untuk berbagi informasi dan saya yakin masih banyak penggemar diecast Ferrari juga di Indonesia,” ujar Dravy. “Pada awal berdirinya tahun 2012, member FDOCI hanya sekitar 50 orang. Hingga saat ini sudah ada sekitar 600-an orang member aktif,” ujar Andi Mulyadi, salah satu anggota senior FDOCI.



Menurutnya, FDOCI  pada awalnya merupakan sebuah komunitas penggemar dan pengoleksi diecast Ferrari, namun pada perkembangannya, komunitas ini menjelma menjadi sebuah kekerabatan bagi para pecinta apapun yang berbau Ferrari. Artinya, kegiatan komunitas ini tidak hanya dibatasai oleh kolom tematik berupa diecast mobil asal Italia berlogo kuda jingkrak itu semata. Beberapa member FDOCI sering kali bersama-sama menonton balap Formula 1 di luar negeri, tentu saja selain menonton langsung pertarungan Tm F1 Ferrari, namun juga sekaligus berburu merchandise tim Kuda Jingkrak tersebut termasuk replika Ferrari F1.



Saat ini anggota FDOCI telah tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada beberapa yang berasal dari negara lain seperti Amerika Serikat, Malaysia, Brunei Darussalam hingga Brasil dan Australia. Untuk sebuah komunitas yang berbasis media sosial, FDOCI dapat dibilang cukup berhasil mengelola keaktifan anggotanya. Mengintip akun Facebook FDOCI, saat ini setidaknya sudah 2.000 orang lebih yang tergabung diri dengan group ini. “Tak hanya berinteraksi membicarakan soal diecast Ferrari, di komunitas ini juga kami melakukan beragam kegiatan yang menarik seperti gathering, nonton bareng F1, hingga mengikuti pameran-pameran mainan hingga kegiatan bakti sosial,” papar Andy.



Salah satu kegiatan paling berkesan bagi FDOCI adalah keikutsertaannya pada gelaran ulang tahun Ferrari ke-70 yang dikemas dalam acara Ferrari Festival of Speed akhir bulan April 2017 lalu. Keikutsertaan FDOCI di Ferrari Festival of Speed tersebut merupakan salah satu bentuk kepercayaan Agen Pemegang Merek (APM) Ferrari di Indonesia terhadap FDOCI. “Kami dilibatkan sejak awal untuk mengorganisir pameran diecast-diecast Ferrari di acara tersebut,” ujar Dravy. “Ini merupakan event yang penting dan besar bagi Ferrari, terutama di Indonesia, dan kami bangga menjadi bagian di dalamnya,” tambahnya. Dalam acara tersebut, FDOCI tampil all out dengan menampilkan hampir semua koleksi terbaik anggotanya untuk dipamerkan.

Koleksi model replika Ferrari yang dimiliki para anggota FDOCI sangat variatif mulai dari Hot Wheels Regular Blue Card, Hot Wheels Elite, Bburago, AutoArt, Kyosho, Pocher, BBR, MR Collection hingga model cars kelas premium seperti CMC, Exoto dan Amalgam dalam berbagai rentang skala, mulai 1:87 hingga 1:8. Jika Anda adalah salah seorang pecinta diecast dan menyukai Ferrari, tak ada salahnya untuk bergabung dengan FDOCI dan memperkaya pengetahuan mengenai sport car asal Italia ini.


 

Majalah Diecast Indonesia

Foto-foto: Majalah Diecast Indonesia