Weekend sudah di depan mata. Pasti sudah punya rencana seru untuk mengisi akhir pekan ini. Ya kan? Eits, tapi banyak juga yang masih bingung mau mengisi weekend dengan aktivitas apa. Nah, Kratingdaeng punya aktivitas seru yang bisa dilakukan saat akhir pekan ini yang disebut geocaching.

Geocaching adalah kegiatan outdoor di mana tiap pesertanya (geocachers) menggunakan Global Positioning System (GPS) untuk menemukan harta karun tersembunyi. GPS yang digunakan nantinya akan membantu untuk menemukan lokasi harta karun itu. Tentu saja, harta karun ini benar-benar bisa ditemukan dan tersimpan di suatu wadah tertutup kedap udara yang disebut geocaches atau cache. Inilah sebabnya treasure hunt ini dikenal dengan sebutan geocaching.

Uniknya, permainan ini memberi kesempatan buat tiap peserta untuk meninggalkan harta karunnya sendiri di lokasi tersebut untuk ditukar dengan item lain. Benda-benda yang bisa ditemukan atau ditinggal pun bermacam-macam. Mulai dari jepit rambut, sampai dengan kaos kaki. Yang jelas pemburu harta karun geocachers nggak bakal bisa menemukan makanan atau benda yang tidak tahan lama di dalam geocaches. Para geocachers juga bisa menemukan sampah yang ditinggalkan di dalam geocaches untuk dibuang. Alasannya sih supaya para pemburu bisa ikut berkontribusi untuk lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Geocachers dapat membawa pulang benda-benda tersebut kecuali buku catatan, stempel, atau pensil karena benda-benda ini akan digunakan oleh geocachers lain untuk meninggalkan pesan.

Permainan ini bisa ditemukan di hampir seluruh bagian di dunia. Jadi, kalau sedang berlibur ke suatu tempat, nggak ada salahnya menyempatkan diri untuk melakukan treasure hunt ini. Beberapa turis dari berbagai belahan dunia bahkan sengaja mengunjungi suatu negara tertentu hanya untuk melakukan geocaching lho! Siapa tahu kan, jadi bisa menemukan item-item khas yang ditinggalkan oleh para turis di dalam geocachers.

Kalau tertarik dengan geocaching, langsung aja kunjungi situs ini untuk daftar lengkap lokasi geocaches di Indonesia. Selamat berburu!

Geocaching: Treasure Hunt Seru Masa Kini