Botol air minum, face wash, obat-obatan pribadi, dan ponsel. Barang-barang tersebut pasti nggak bakal jauh-jauh dari para pencari adrenaline yang hobi adventure, kan? Tapi masih ada satu lagi lho barang yang wajib dibawa kalau memang banyak beraktivitas outdoor! Barang tersebut adalah tabir surya. Tabir surya yang bisa melindungi dari bahaya sinar UV ternyata masih banyak dilupakan, lho! Makanya, Kratingdaeng mau kembali mengingatkan manfaat tabir surya yang nggak boleh dilupakan.

Pentingnya tabir suryahttps://kratingdaeng.co.id/photos/21/31 Oktober/Kratingdaeng_Adventure_Tips_Hobi Adventure Jangan Remehkan Kegunaan Tabir Surya!_cover.jpg

Yaa meski sebagian pria menganggap barang ini sebagai salah satu macam perawatan kulit wanita, faktanya tabir surya sama sekali tidak berfungsi untuk merawat kecantikan kulit. Justru tabir surya berfungsi sebagai pelindung kulit dari bahaya sinar UV yang seringkali nggak disadari. Coba aja Kamu berjemur di bawah teriknya matahari siang tanpa menggunakan tabir surya. Setelah 30 menit aja pasti sudah ngerasain kulit terbakar kan? Nih, bahayanya kalau berlama-lama terpapar sinar UV tanpa perlindungan tabir surya dapat menyebabkan kulitmu terbakar matahari atau mengalami sunburn, kulit menjadi gelap, kulit tampak kusam dan lebih tua, hingga dampak fatalnya dapat mengakibatkan kanker kulit, lho!

Tabir surya yang cocok

Banyak produk tabir surya punya kandungan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA) yang berbeda-beda. SPF akan melindungi kulitmu dari bahaya UVB yang menyebabkan efek jangka pendek atau sunburn, sedangkan PA melindungi kulitmu dari UVA yang menyebabkan penuaan dini. Perlu jeli memilih tabir surya sesuai dengan kebutuhan kulitmu, karena semakin tinggi angka SPF tidak mengindikasikan seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk tersebut. Nih, tips memilih kandungan SPF dan PA di tabir surya untuk berbagai kegiatanmu!

  • SPF 15 / PA + (Untuk kegiatan sehari-hari)
  • SPF 15-30 / PA ++ (Untuk kegiatan seperti berolahraga ringan dan rekreasi di luar ruangan)
  • SPF 30-50+ / PA +++ (Untuk aktifitas di bawah terik matahari yang kuat, misal berjemur di pantai)

Nah, sudah tahu pentingnya manfaat tabir surya kan? Mulai sekarang siapkan tabir surya untuk kegiatan sehari-hari juga, ya!