Bagi penggemar olahraga air, coba sebutkan olahraga air apa saja yang familiar!

Diving? Snorkeling? Surfing? Ah, itu sudah biasa. Pernah dengar stand up paddle boarding? Oke, kalau belum pernah dengar dimaafkan karena memang olahraga ini belum begitu umum di Indonesia.

Olahraga Stand up paddle boarding sebenarnya merupakan olahraga yang didasari dari olahraga surfing yang kemudian mendapat variasi. Pertama kali olahraga ini dikenalkan di Hawaii, dan diciptakan sebagai selingan olahraga untuk para surfer ketika ombak sedang tidak bersahabat untuk surfing. Papan yang digunakan untuk olahraga ini berbeda dengan papan surfing biasa, ukurannya sedikit lebih lebar yang bertujuan sebagai landasan untuk berdiri.https://kratingdaeng.co.id/photos/21/Artikel 12 Oktober/Kratingdaeng_Community_Water sport_Komunitas Stand Up Paddle Board Ajak Arungi Ombak Landai_cover.jpg

Di Indonesia, stand up paddle boarding pertama kali dikenalkan oleh Heriyanto pada tahun 2015. Kala itu Heriyanto mengenal stand up paddle boarding saat dirinya di Australia. Dia langsung terpikir kalau stand up paddle boarding akan jadi olahraga yang potensial kalau ia bawa ke Indonesia karena permukaan geografis negara ini yang sebagian besar terdiri dari perairan. Lalu Heriyanto pun membentuk komunitas stand up paddle board yang beranggotakan tujuh orang.

Pada tahun yang sama, Heriyanto membawa merek papan stand up paddle board dari Jepang untuk dibawanya ke salah satu outdoor festival di Indonesia. Semenjak saat itu, komunitas stand up paddle board yang dia bangun pun semakin berkembang. Hingga saat ini peminat olahraga yang satu ini pun semakin banyak, terbukti dengan anggota komunitas stand up paddle board yang sudah ada lebih dari 100 orang dari berbagai usia. Saking asyiknya olahraga ini, sampai-sampai Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, ibu Susi Pudjiastuti, jadi salah satu peminat Stand Up Paddle Boarding. https://kratingdaeng.co.id/photos/21/Artikel 12 Oktober/Kratingdaeng_Community_Water sport_Komunitas Stand Up Paddle Board Ajak Arungi Ombak Landai_cover.jpg

Kegiatan komunitas ini kerap diadakan di Pulau Seribu, Pelabuhan Ratu, sampai Bali. Komunitas ini masih sangat terbuka bagi anggota yang ingin bergabung maupun mempelajari stand up paddle boarding.

Kalau berminat untuk bergabung langsung aja hubungi komunitasnya di Instagram: @sup_id_