Ketika menjalani hobi outdoor sport, tentunya banyak sekali yang harus dipersiapkan.

Tidak jarang, survival kit termasuk dalam hal yang harus dipersiapkan dengan matang. Pas banget, nih! Kali ini Kratingdaeng akan bahas salah satu survival kit yang nggak boleh ketinggalan, yaitu pisau. Pisau yang digunakan di alam terbuka tentu punya fungsi dan bentuk yang berbeda dengan pisau yang digunakan di dapur pada umumnya. Seperti apa, sih? Yuk kita kenalan dengan jenis-jenis survival knife!

 

Pisau Bowie

 

Pisau Bowie tergolong dalam survival knife tipe fighting. Eits, fighting yang dimaksud di sini bukan berkelahi dalam arti harfiah, lho. Maksudnya, pisau bowie adalah tipe pisau yang cocok untuk berburu. Jika berbicara tentang fungsinya, maka pisau bowie adalah pisau yang cocok untuk menusuk dan memotong.

 

Pisau Komando

Sesuai dengan namanya yang berbau militer, ternyata pisau komando ini dulunya diciptakan oleh dua orang kolonel bernama Sykes & Fairbairn. Pisau ini pertama kali digunakan dalam perang Shanghai dan berfungsi sebagai pisau lempar dan penusuk. Pisau jenis ini kurang cocok jika difungsikan sebagai pisau penyayat.

 

Pisau Skinner

Skinner! Dengar namanya saja, sudah bisa ditebak kalau pisau ini berfungsi sebagai pisau pengulit. Dengan mata pisau yang kecil dan melengkung, pisau jenis ini nggak akan makan banyak tenaga untuk menguliti objek. Pisau skinner ini juga terdiri dari berbagai macam ukuran lho.

 

Pisau Serbaguna

Pasti familiar banget kan dengan pisau jenis ini. Yap, bener banget! Orang biasa mengenal ini dengan nama pisau swiss atau pisau lipat. Pisau lipat ini biasanya berisi berbagai jenis pisau mulai dari, pisau penyayat, pisau pemotong, hingga pembuka botol. Benar-benar teman sejati buat petualanganmu, sih!

 

Nah, kira-kira pisau yang mana nih yang cocok buat jadi teman menguji adrenalin di alam bebas? Yuk, share di kolom komentar!