Udah bukan rahasia lagi kalo outdoor extreme sport juga bisa dikuasai secara mahir oleh wanita. Kayak Kratingdaeng Babes yang satu ini, nih, Sarah Diguilan, mountain climber asal Amerika yang udah kenalan sama dunia mountain climbing dari usia 6 tahun.

 

 

Saat berusia 11 tahun, Sasha mulai serius terjun ke mountain climbing untuk pertama kalinya. Dirinya berhasil menjadi mountain climber yang memiliki grade 8a, 5.13b. Bebrapa tahun kemudian, Sasha tercatat telah menaklukan puncak Southern Smoke dan Lucifer di Red River Gorge, Kentucky. Puncak tersebut ditaklukan Sasha dengan meraih grade “baru”, yaitu, 5.14. Setelahnya, Sasha meraih medali emasnya yang pertama dalam World Championship yang digelar di Italia.

 

Kesuksesan Sasha dalam mountain climbing semakin terlihat saat Sasha memilih dua tipe pendakian, yaitu sport climbing dan boulder climbing. Dalam boulder climbing, Sasha yang tercatat sebagai anggota US Adult National Team sejak tahun 2007 ini pernah mengikuti berbagai macam kejuaraan yang mengantarnya pada posisi podium. World Championship yang pernah diikutinya dalam kategori female bpuldering dan female duel adalah salah satu contohnya. Dalam sport climbing rekor terbaik Sasha adalah grade red point: 5.14d (9a) dan on sight: 5.14a (8b+).

 

Sasha tercatat sebagai wanita Amerika pertama yang mampu menyabet climbing grade 9a, 5.14d, yang mana climbing grade tersebut adalah rekor pencapaian di kategori female climbers. Nggak cuma itu, Sasha juga pernah menaklukan sejumlah first ascents di dunia dan 28 first female ascents yang salah satunya terdapat di North Face, Eiger.

 

Di luar pencapaiannya dalam lomba memanjat, Sasha juga dianugerahi berbagai macam penghargaan, seperti, GLAMOUR Magazine's Top College Women of the Year, 2016, the Cutting Edge Athlete Award for 2014 performance, yang diberikan oleh the American Alpine Club, The Golden Piton Award, dan the Arco Rock Legend Award for Outstanding Achievements in the Outdoors.

 

Salut banget sama Kratingdaeng Babes yang satu ini, jadi enggak sabar buat belajar mountain climbing biar bisa kenal akrab sama Sasha, deh!