Bertualang di alam terbuka bisa jadi pilihan menyenangkan buat extreme sport yang bisa dilakukan bareng teman-teman.

Wall climbing, hiking, camping bisa jadi pilihan untuk menantang adrenalin. Nah, biasanya, sebelum melakukan kegiatan outdoor ini, tentunya, perlu persiapan bermacam-macam outdoor gear yang mendukung perjalananmu. Pastinya, harus yang aman dan nyaman!

Ngomong-ngomong soal gear, saat ini makin banyak macamnya lho. Kali ini, Kratingdaeng akan membahas salah satu outdoor gear yang wajib banget dipakai ketika menjalani petualangan di tempat yang punya suhu udara rendah. Apa lagi kalau bukan windproof jacket yang punya fungsi utama untuk melindungi dari hembusan angin kencang dan udara dingin yang menusuk? Bagi yang sedang bingung untuk menentukan ingin membeli windproof jacket untuk pertama kali, yuk simak berbagai “ilmu” untuk mengerti lebih dalam tentang windproof jacket!

Perlu diketahui, bahwa jenis windproof jacket bisa bekerja dengan optimal apabila Kamu menerapkan layering system. Layering system adalah cara penerapan outdoor clothing agar suhu tubuh tidak banyak dipengaruhi oleh suhu udara luar ruangan. Pertama, ada yang namanya base layer. Base layer adalah baju yang dikenakan dan bersifat tipis. Kemudian, ada yang namanya mid-layer yaitu lapisan pakaian kedua yang bersifat mengunci kehangatan udara dan menjaga agar tubuh tetap hangat. Yang terakhir, ada yang disebut outer layer yang bersifat waterproof dan breathable untuk menjaga stabilnya sirkulasi udara dalam tubuh.

Nah, bagian selanjutnya, Kratingdaeng akan membahas tentang berbagai macam mid-layer karena bagian ini krusial banget tapi biasanya diremehkan oleh para penikmat outdoor adventure yang biasanya lebih peduli terhadap outer layer. Yuk, kita belajar apa saja macam bahan clothing yang bisa digunakan sebagai mid-layer.

Down
Down

 

Yang pertama, ada jenis yang disebut dengan down. Jenis jaket ini diproduksi dengan menggunakan bulu angsa. Selain punya value sebagai produk premium, jaket jenis down ini juga breathable. Sayangnya, down sangat rentan terhadap air.

Synthetic-high loft
Synthetic-high loft

 

Selanjutnya, ada juga yang berbahan synthetic-high loft yang punya harga lebih terjangkau dari down. Selain itu, ketahanan airnya pun lebih baik daripada down tetapi daya ketahanan air pada jenis ini akan merapuh sesuai dengan usia pakai jaket jenis ini.

 

Gimana? Sudah menentukan jenis jaket apa yang akan dibeli untuk outdoor adventure berikutnya? Jangan salah pilih lho!