Valentino Rossi meski di MotoGP Spanyol di sirkuit Jerez Angel Nieto, 7 Mei, tak raih kemenangan, tapi pembalap Italia yang memulai karir balap dunia sejak tahun 1996 telah mengukir sejarah baru.

Sepanjang karir 23 musim balap, Rossi telah melengkapi 8.730 lap dari berbagai sirkuit dunia menempuh 40,075 km setara dengan mengitari satu putaran bumi. Sayangnya, putaran itu tidak ditambah dengan sesi latihan hingga sesi kualifikasi. Adapun yang dihitung merupakan total Rossi balapan sepanjang dua dekade lebih.

Selama karirnya, pembalap kelahiran 16 Februari 1979 tersebut sudah memenangkan 115 kali balapan dan 228 kali berada di podium. Adapun kemungkinan yang masih dikejar adalah menyamai rekor Giacomo Agostini yang telah memperoleh 122 kemenangan balapan motor.

Selama di dunia balap, Rossi juga pernah mengikuti pengetesan balap Formula 1 pada bulan Januari 2006 dan November 2008. Catatan waktunya menjadi pembalap ke sembilan dari lima belas pembalap yang ikut serta, hanya terpaut satu detik dari Michael Schumacher. Bahkan pada pengetesan final, mampu pertajam waktunya hingga hanya setengah detik dari Schumacher.

Rossi juga pernah ikut di WRC di Inggris pada tahun 2002 dengan Peugeot 206 WRC, sayangnya alami insiden pada stage kedua. Pada tahun 2013 juga sempat ditawari tes mengendarai Kyle Busch NASCAR Nationalwide Series stock car di Charlotte Motor Speedway. Dirinya mampu melaju hingga 297 km/jam dan mampu menjadi pembalap ke 15 tercepat di balapan nasional tersebut.