Game PlayerUnknown’s Battle Ground (PUBG) yang akhir-akhir ini mendapat banyak perhatian dari penggemar video game tanah air, hingga dipertandingkan di turnamen bergengsi sekelas Kratingdaeng Indonesia eSports Championship (IEC 2018) ternyata memiliki sejarah panjang lho. Mulai dari game PUBG maupun genrenya sendiri memiliki sejarah masing-masing.

Mau tau lebih dalam?

Ini dia ceritanya.

 

Sejarah Genre Battle Royale

Siapa sangka genre Battle Royale yang merupakan genre dari game PUBG awalnya tidak diperkenalkan dari video game, melainkan dari novel Jepang yang berjudul Battle Royale oleh Koushun Takami yang dirilis pada tahun 1999. Novel ini bercerita tentang 40 siswa yang dikirim di pulau terpencil dan dibiarkan saling membunuh hingga tinggal satu orang yang bertahan hidup demi kepentingan eksperimen militer. Karena kesuksesannya, novel ini kemudian diangkat menjadi manga dan film di tahun 2000.

 

Film dengan jalan cerita yang mirip juga beberapa tahun lalu sempat menjadi hits. Bisa tebak film apa itu? Bener banget, film Hunger Games yang dibintangi Jennifer Lawrence yang dirilis di tahun 2008 juga memiliki konsep yang sama dengan Battle Royale.

 

Sejarah PUBG

Game Battle Royale yang pertama sebenarnya hanya sebuah mod dari game DayZ yang dirilis pada tahun 2013, berjudul Survivor Game Z. Seorang pemain dari Irlandia bernama asli Brendan Greene dan mempunyai username PlayerUnknown tertarik dengan mod ini dan ingin membuat game dengan konsep sama.

 

Awalnya Greene hanya membuat mod di game Arma 2 dengan model Battle Royale yang diberi nama DayZ Cherno. Setelah Arma 3 dirilis pada September 2013, Greene membuat mod lagi yang diberi nama PlayerUnknown’s Battle Royale. Game ini akhirnya dilisensikan Greene ke Daybreak. Game ini cukup sukses hingga menghantarkan Greene ke Chang Han Kim, produser Blue Hole Studio yang mengajaknya membuat PlayerUnknown’s Battle Ground yang kita tahu sampai sekarang. Walau full version game ini baru dirilis bulan Desember 2017 kemarin, kesuksesannya sudah bisa disandingkan dengan Minecraft yang sudah dirilis sejak 2009.

 

Gimana, makin tertarik kan untuk main PUBG dan mendapatkan chicken dinner?