Dari sekedar permainan jadi cabang olahraga sekaligus tambang emas yang menggiurkan, eSports telah berevolusi sedemikian rupa jadi fenomena masyarakat. Sejak kemunculannya, video game memang sudah berhasil memikat hati dan menghibur hampir seluruh orang di seluruh dunia. Yuk lihat perkembangannya dari awal kemunculan eSports:

Turnamen eSports pertama

Perlombaan eSports pertama yang tercatat dalam sejarah diadakan pada Oktober 1972 di Stanford University. Mempertandingkan game Spacewar, juara turnamen tersebut mendapatkan langganan gratis majalah Rolling Stones selama setahun. Lalu pada tahun 1980, Atari menggelar The Space invaders Championship yang dihadiri kurang lebih sebanyak 10.000 orang.  

 

eSports beranjak online

Ketika internet mulai bebas dipergunakan pada awal tahun 1990an, video game, terutama PC game, menjadi salah satu yang paling merasakan dampak positifnya. Mulai dari hanya memberi fitur instant messaging antar pemain hingga menghubungkan pemain dalam satu permainan online yang memungkinkan untuk kompetisi online. Pada 1993 misalnya, Wired Magazine mempublikasikan bahwa game Netrek menjadi online sports game pertama di dunia.

Pada tahun 1997 terbentuk Cyberathlete Professional League (CPL) dan mengadakan turnamennya di tahun yang sama. CPL sudah berani memberi hadiah besar bagi juara turnamennya pada saat itu, yaitu sebesar USD 15.000.   

 

Hadiah besar!

Semenjak saat itu, turnamen eSports mulai identik dengan hadiahnya yang fantastis. Perkembangannya pun mulai menjamur ke seluruh belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Buktinya tahun ini Kratingdaeng kembali mengadakan Indonesia eSports Championship (IEC 2018) dengan total hadiah yang tak main-main, yaitu Rp 1 Milliar! Turnamen paling bergengsi di Indonesia ini mempertandingkan Mobile Legends dan PlayerUnknown’s Battle Ground (PUBG), dan diikuti oleh kurang lebih 20.000 peserta dari seluruh Indonesia.  

Yuk, jadi saksi perhelatan turnamen eSports terbesar di Indonesia dengan menghadiri Grand Final IEC 2018 pada 8-9 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD.