Penggemar balap, pasti nggak pernah ketinggalan buat mengikuti berbagai keseruan rally race.

Kebetulan, nih, kali ini Kratingdaeng bakal bahas tentang rally race. Eits, tapi kali ini, rally race yang akan dibahas adalah rally race yang penuh halang rintang di berbagai medan, alias off road rally race. Buat Kratingdaeng, off road rally race ini sangat menarik karena mobil bergerak dengan system 4x4WD dan harus tahan di berbagai medan ekstrem, seperti batuan dan lumpur. Kali ini, Kratingdaeng akan bahas tentang sejarah off road rally race di dunia, check this out!

Off road rally race bermula dari Amerika Utara di abad ke 20. Didirikan secara individu oleh Ed Pearlman, kemudian dibawa ke sebuah organisasi resmi bernama NORRA (National Off Road Racing Association) pada tahun 1967. Acara yang pertama kali digelar adalah off road rally race melintasi Mexico dan dinaai Mexican 100. Saat ini event tersebut berubah nama menjadi Baja 1000 dan diselenggarakan di bawah naungan SCORE International (Southern California Road Enthusiast).

Di Indonesia, off road rally race mulai masuk di tahun 1989. Bermula dari anak-anak tentara yang dibekali mobil 4x4WD oleh orang tuanya dan gemar menyusuri perkebunan. Kemudian, di tahun 1990, berbagai macam event off road rally race mulai berkembang di Indonesia. Tidak ketinggalan, banyak off road rally race group juga mulai bermunculan di berbagai provinsi di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Bandung, Jakarta, hingga Jawa Timur. Beberapa off road rally race club yang eksis di Indonesia di awal masuknya off road rally race adalah Surabaya Off Road Club yang berdiri di tahun 1994. Tidak ketinggalan, ada juga IMI (Ikatan Motor Indonesia) dan IOF (Indonesian Off-road Foundation) yang berdiri di tahun 2000.

Itu tadi sejarah singkat off road rally race hingga bisa masuk ke Indonesia! Cukup seru juga ternyata perjalanannya. Jangan lupa bagikan cuplikan sejarah off road rally race ini ke teman-teman tongkrongan Kamu, ya!