Mudah-mudahan omset para pemilik tempat karaoke artis tidak semakin menyusut dengan semakin besarnya penginstal aplikasi Sing! by Smule di android. Yup, dipastikan semenjak tahun 2012 aplikasi ini dirilis hingga kini sudah ada ratusan juta pengguna aplikasi tersebut di dunia.

Di Indonesia ternyata sambutannya cukup luar biasa, sekitar puluhan ribu pengunduh aplikasi Smule. Tumbuhnya para penyanyi Smule di Tanah Air ini dibarengi dengan berdirinya Smulenesians tahun 2013.

Smulenesians ini merupakan khusus para penyanyi dunia maya dan ternyata punya genrenya masing-masing. Mulai dari khusus pop, rock, dangdut bahkan dikabarkan penggemar terbesar datang dari lagu-lagu tahun 1980’an.

Smulenesians yang saling menjalin keterikatan sejak lima tahun lalu ini ternyata sering menggelar Live Concert atau disebutnya SN GIGS. Bahkan berkat Smulenesians ini juga merangkul kembali para lulusan institut terkemuka di Bandung yang gemar bernyanyi tanpa mengenal angkatan.

Terkadang bila beruntung, Smule ini menggelar duet dengan penyanyi dan band kelas dunia.

Bagi yang suka bernyanyi dan ingin mencoba audisi, kalian bisa langsung ikutan Kratingdaeng K-Star Singing Competition.

Acara lomba bernyanyi yang audisinya dilakukan melalui online competition atau registrasi melalui website di kratingdaeng.gritjam.com/. K-Star Singing Competition akan diadakan di delapan kota besar terpilih yang menjadi tujuan utama event Kratingdaeng Supercrosser The Ultimate Dirtwar.

Kota yang akan menjadi lokasi dilaksanakannya Kratingdaeng K-Star Singing Competition adalah Kediri, Semarang, Yogyakarta, Bekasi, Bali, Sidoarjo, Bandung, Tasik/Ciamis. Dari kota ataupun daerah sekitarnya juga bisa mengikuti audisi yang dilakukan di kratingdaeng.gritjam.com/