Pembalap juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi, meski usianya nyaris empat dekade dan masih aktif balapan di MotoGP, ternyata menjaga vitalitasnya rajin latihan motocross.

Aksi Rossi saat bermain motorcross

Aksi Rossi Saat Bermain Motocross

 

Pebalap yang punya brand jualan VR46 ini mengaku doyan main garuk tanah sudah sejak lama. Diyakininya bermain motocross sebagai salah satu menu latihan untuk mengasah respon di lintasan balap.

Rossi Ketagihan Main Motorcross
Rossi Ketagihan Main Motocross

 

Memang, latihan motocross memiliki risiko yang tinggi. Bahkan Rossi pernah alami cidera dan sangat krusial, karena mengganggu perolehan poin Kejuaraan Dunia.

"Meski sangat berbahaya, tapi saya menyukai bermain motorcross. Karena dengan cara tersebut sebagai salah satu latihan yang terbaik," ujar Rossi.

Selain main motorcross, Rossi juga main enduro. foto by motorcyle
Selain Main Motocross, Rossi Juga Main Enduro

 

Kesukaan Rossi terhadap motocross tidak ada yang bisa melarangnya, bahkan bos Yamaha MotoGP, Lin Jarvis pun tidak sanggup melarangnya.

"Bermain motocross meski alami sedikit insiden apapun bisa membuat cidera. Memang, pembalap MotoGP saat liburan tidak bisa berlatih dengan motor tunggangannya. Cara lain untuk berlatih adalah menggunakan  motocross. Saya sudah berusaha mengingatkan Rossi supaya tidak ngotot bermain motocross. Namun Ia tetap melakukannya, saya tidak bisa berbuat apa-apa." jelas Jarvis.

Rossi dan Marquez main enduro
Rossi dan Marquez Main Enduro