Siapa sih yang nggak tahu gunung Bromo? Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang jadi favorit para pelancong. Selain karena keindahan sunrise, hamparan pasir Kaldera Tengger juga nggak pernah membuat bosan jutaan pasang mata.

Banyak alternatif yang bisa dipilih untuk menikmati keindahan gunung Bromo. Mulai dari naik kuda, naik jeep, sampai dengan naik motor trail. Sensasi adventure menunggangi motor trail di savanna, lautan pasir, lereng, dan perbukitan di kawasan gunung Bromo ini wajib banget Kamu coba!

Berbagai pemandangan mempesona yang nggak bisa Kamu dapatkan dengan naik jeep, bisa dinikmati dengan mengendari motor trail. Ditambah lagi dengan kesempatan menjelajahi destinasi wisata di sekitar Bromo yang nggak terjangkau dengan jeep ataupun kuda. Kegiatan ini cocok banget buat Kamu yang tertarik dengan trip yang nggak biasa-biasa aja dan penuh sensasi.

Sensasi menegangkan juga bisa Kamu rasain dengan melewati jalur-jalur yang nggak biasa. Jalur bebatuan yang terjal, tanah yang licin, tanjakan yang curam, tebing yang ada di kiri dan kanan menjadi menu utama dalam perjalananmu. Tapi Kamu juga bisa menikmati indahnya perkebunan apel dan teh, hutan pinus, air terjun, sungai, dan danau yang cantik banget. Yang pasti, perjalananmu dijamin nggak membosankan, bahkan menjadi perjalanan yang nggak terlupakan!

Nggak perlu khawatir dengan peralatan maupun motor trail yang akan digunakan. Ada banyak banget tempat penyewaan motor trail yang ada di sekitar gunung Bromo. Yang perlu Kamu siapkan hanya perlengkapan standar seperti, jaket, sepatu kets, dan mental. Perlengkapan lainnya bisa Kamu dapatkan di tempat persewaan motor trail.

Uniknya sih, Kamu bisa memilih akses dan rute menuju ke gunung Bromo. Mulai dari pintu Malang ke Bromo via rute tumpang, Pasuruan ke Bromo melewati Tosari dan Wonokitri dan dari Lumajang melalui Senduro. Kalau Kamu senang dengan rute umum, rute Probolinggo – Sukapura – Cemara Lawang – Gunung Bromo bisa jadi pilihan. Yang jelas, rute umum menawarkan banyak pilihan penginapan dari yang paling murah sampai yang paling mahal.

Eits, buat Kamu yang belum pernah memakai motor trail, nggak perlu khawatir. Banyak persewaan motor trail yang memberikan pelatihan singkat berkendara motor trail dengan aman.

Masih kurang yakin dengan skill bermotor? Kamu juga bisa request untuk dibonceng selama perjalanan, kok.

Banyak jenis paket perjalanan yang bisa Kamu pilih mulai dari Rp 400.000,00 untuk lima orang. Paket ini sudah termasuk dengan BBM, tiket masuk tempat wisata dan dokumentasinya. Sedangkan untuk weekend kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 500.000,00 untuk paket yang sama.

Jadi, apa Kamu cukup berani untuk menjelajahi Bromo dengan motor trail?

 

Photo Credits: janatanginting, prabotofiles, sukasuka, dorongdepan, gobromotour, probolinggorentaltrail, panoramadestination