Bagi para pecinta seni atau warga Jakarta, pasti nggak asing lagi dengan Komunitas Salihara yang menjadi tempat para seniman dan pecinta budaya berkumpul. Seperti namanya, Komunitas Salihara berlokasi di Jalan Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Komunitas ini sudah berdiri sejak 2008 silam dan dibentuk oleh sastrawan, seniman, jurnalis dan pecinta seni. Sejak saat itu, komunitas Salihara menampilkan berbagai macam pertunjukkan seni dan pemikiran dari dalam negeri maupun mancanegara.

Komunitas Salihara sendiri sering banget mengadakan acara-acara seru yang bisa dinikmati sekaligus membuatmu lebih menghargai seni. Nggak percaya? Acara seru yang pernah diadakan  antara lain:

1. Festival Salihara

Festival ini diadakan setiap dua tahun sekali dan menjadi festival seni internasional yang menampilkan karya-karya seni paling keren pilihan dewan kurator Komunitas Salihara. Nggak cuma karya seniman mancanegara saja, tapi juga karya seniman Indonesia yang karyanya layak disandingkan dengan seniman-seniman luar. Festival ini menjadi acara yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat setiap tahunnya.

2. Bienal Sastra Salihara

Acara ini merupakan festival dua tahunan yang menampilkan pertunjukkan perkembangan sastra kontemporer juga beberapa karya klasik (tradisional) dari dalam dan luar negeri. Kegiatan di dalamnya seperti: pentas baca sastra, diskusi buku, dan lokakarya penulisan dan baca sastra.

3. Salihara Jazz Buzz

Buat para pecinta musik jazz, rasanya sayang banget kalau melewatkan acara ini. Di sini, pengunjung bisa menikmati konser musik jazz yang menghadirkan komposisi-komposisi baru yang eksploratif dan penuh inovasi yang nggak bakal ditemui di konser musik jazz lainnya.

4. Kompetisi Karya Trimatra

Kompetisi ini dibuat bagi para seniman yang suka menciptakan karya seni tiga dimensi. Sampai saat ini, Kompetisi Karya Trimatra sudah diadakan dua kali dengan rentang waktu tiga tahun. Sepertinya sih untuk kompetisi selanjutnya akan diadakan di tahun 2019 nanti.

Dari keempat acara di atas, mana yang menjadi favorit untuk didatangi?

Belajar Mengapresiasi Seni Bersama Komunitas Salihara